Selasa, 07 Februari 2023

SELAMAT JALAN PAK INDARWITANTO

 

Pak Indar sebagai Panitia TKS Forkis 7108 ke 5


Sepuluh hari setelah Temu Kangen & Silaturahmi ( TKS ) ke 5 paguyuban Forkis 7108 ( _komunitas rimbawan eks NIP 71 & 08 , DIY - Jateng_ )Sabtu 28 Januari 2023 di RM Pondok Ndeso Jogja ada berita yang mengejutkan.

Tepatnya hari Selasa Wage , 7-2-2023 sekitar pkl 06 : 50  WIB di GWA Forkis 7108 atas nama Endar Witanto menulis pesan

" [7/2 06.50] Endar Witanto Yk: Berita lelayu Telah meninggal dunia BPK Indar Witanto  td jam 5.30 Mohon maaf atas semua kesalahannya.

Artinya bahwa berita ini dikirim oleh pihak keluarga ,  karena tidak mungkin orang yang meninggal dunia dapat memposting di GWA.

Delapan belas menit kemudian direspon oleh pak Bambang Soepi :

[7/2 07.08] Bambang Soepijanto: Innalillahi wainna ilaihi rojiun, sy & kelg ikut berduka yg mendalam atas berpulangnya bpk Indar Witanto teriring doa smg almarhum diampuni kekhilafannya & di tempatkan yg terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin YRA

Saya sangat kaget dan tidak begitu saja percaya , sehingga berulang kali mencermati kata demi kata terkait berita duka tersebut , yang ternyata benar adanya setelah membaca dengan teliti & konfirmasi pada narasumber yang dapat dipercaya.

Karangan Bunga Pak Bambang

Dan Pak Bambang Soepi juga secara khusus ikut belasungkawa yg mendalam dengan mengirimkam karangan bunga.

Karbung kelbes Forkis 7108

Demikian pula Paguyuban Forkis 7108 mengirimkan sebuah karangan bunga sebagai penghormatan terakhir atas kesetiaan dan jasa almarhum kepada paguyuban semasa hayatnya.

Pak Indarwitanto bukan Endar lahir di Jogja 20 Agustus 1963 , menikah dengan Wahyuni dan memiliki 3 orang jagoan dari buah perkawinanannya yakni Winto Kurniawan , Andhica Ramadhan dan Okky Wicaksono.

Menurut penuturan Slamet Widodo Doir: Anak ke 1, Winto sudah kerja di Ombusman Jogya.
Anak ke 2. Andi kerja di RS Hardjo Lukito
Anak ke 3. Okky kerja di Fak Pertanian UGM

Ke 3 anaknya alumni UGM semua modoni , demikian imbuhnya.

Tinggal di Jl Sidikan nomor 21 , Pandeyan , Umbulharjo , Yogyakarta, merupakan domisili yang ketiga setelah pindah dari Kalangan , Baturetno ,  Banguntapan , Bantul dan semula hijrah dari rumah perdana di Payak , Sri Mulyo , Piyungan yang dinilai kurang layak huni karena dibawah Sutet dan disekitarnya merupakan sentra pembuatan batu bata dimana asap setiap saat mengganggu pernafasan waktu anak² masih kecil.

Sosok pria yang punya TB 170 an cm dan pernah dimiripkan GP sang gubernur Jateng dua periode saat ini memiliki sense of humor yang tinggi , familiar , jujur dan obyektive dalam bersahabat.

Mengawali karir menjadi staf cabang Sub BRLKT Opak Progo kabupaten Gunungkidul ber NIP awal 71 dan pensiun per 1 September 2021 sebagai staf Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Provinsi DIY pada usia 58 tahun.

Saya cukup akrab dengan almarhum semasa satu kantor Cab SBRLKT , Dinas PKT hingga menjadi Dinas Kehutanan Kabupaten Gunungkidul tahun 2001 karena saya mutasi ke Dinas Peternakan sedangkan Pak Indar stagnan sebagai rimbawan.

Dan sebagai mitra kerja almarhum kinerjanya baik , bertanggungjawab  tertib dan mudah bergaul. Terhadap saya Pak Indar kala itu menjadi salah satu figur sahabat yang tulus lahir batin dan sering memotivasi untuk kemajuan karir saya kedepan dengan yakin dan mantap.

Saat terakhir dalam persiapan penyelelenggaraan TKS ke 5 Paguyuban Forkis 7108 saya minta bantuan untuk berpartisipasi sebagai anggota panitia pelaksana almarhum dengan senang hati menyatakan siap dan katanya :

" *Mksh p kis.Akan sy laksanakan sebaik baiknya.* " (  _copas tulisan asli pak Indar 27-1-23_  )

Dan Sabtu , 28 - 1 - 2023 memang tidak banyak perbincangan karena sikon , tetapi saat sholat dluhur kami berjamaah bertiga dengan almarhum & Pak Amir di mushalla RM pondok ndeso hanya singkat mengatakan sangat senang dapat ketemu teman² lama.

Dan atas pertanyaan yang saya kirim japri.

[30/1 18.05] kiswantoadinegara:

Assalamu 'alaikum wr wb

Sebagai bahan evaluasi

Menurut anda bagaimana kesan / pesan terhadap penyelenggaraan TKS ke 5 kemarin  ?

Terima kasih

🙏

Pak Indar merespon dan menjawab

[30/1 19.10] Endar Witanto Yk:

_Walaikumsalam wr wb menurutku monoton kita cuma dengerin pengalaman beliau, kita bisa ketemu teman lama bisa cerita masa lalu, diselingi acara apa yg bisa nambah gayeng._

*Kisah kepergiannya*

Dimata saya Pak Indar adalah orang baik , insyaallah wafat kanti husnul khatimah.

Tanpa sakit yang berarti untuk pulang , dengan gampang kembali ke haribaan sang pencipta , tidak merepotkan keluarga dan tersiksa raganya .

Sebagaimana cerita anak² nya kepada sahabat dekat ayahandanya yang hadir takziah di rumah duka Sidikan diantaranya :

1. [7/2 11.55] YB Suprapto: 

Td pagi sy kerumah duka menurut informasi putranya pak Indar td pagi msh subuhan katanya ada rasa sakit didada, kemungkinan beliau jantungnya pak Kis

[7/2 12.00] YB Suprapto: Ceritanya mirip dgn pak Widianto, waktu itu pak Widianto antar  jemput pak Harsono, kemarin pak Indar antar jemput pak Gito

[7/2 12.40] YB Suprapto: Selisihnya 5 hari dan 10 hari dg TKS pak , demikian cerita pak Prapto yang tinggal di Karangjati kidul Monjali kepada saya.

2. [7/2 18.00] Slamet Widodo Doir:

Alkhamdulillah bs ke rumah alm. kakek Endar utk ngaruhke dan ikut bela sungkawa serta mendoakan alm dan kelg, ditemui mas Okky dan mas Andi..

Menurut cerita mas Okky, alm tdk sakit, cm mngeluh sm mas Andy kok sesek dadanya, terus dikeroki oleh mas Andy,selesai dan terasa enak,lalu ke kmar mandi dan meninggal, smpat dibawa ke RS jg namun sdh meninggal, yg ngonangi istrinya saat akan ke kmar mandi, kejadian kurleb 06.00an pagi.
Begitu modoni "

Demikian Doir mengisahkan.

Sekali lagi Pak Indarwitanto adalah sosok yang perilakunya baik , sebenarnya banyak sekali kisah menarik saat berdinas bersama diantaranya pengalaman rem mobil dinas  kijang kotak  " pajero " blong di Clongop , menyewa jetsky di Telaga Sarangan berdua saya drivernya, dll.


Di Telaga Sarangan , 1990 an

Selamat jalan pak Indar sahabat baikku , dimataku engkau adalah salah satu sahabat terbaikku...

Saya, kami merasa kehilanganmu...

Sosok Jujur dan obyektive


Engkau telah sukses dan menyelesaikan tugas duniamu dengan baik pula.

Innalillahi wainna ilaihi rojiun, saya & keluarga ikut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya *bapak Indarwitanto* teriring doa semoga almarhum diampuni dosa kekhilafannya , diterima amal ibadahnya & di tempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT.

Keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran , ketabahan dan keikhlasan.

Aamiin YRA

Klaten , 7 Februari  2023
Sahabatmu

Kiswanto






Tidak ada komentar:

Posting Komentar