Senin, 20 Februari 2023

KENAPA KITA BERHAJI ?

 

Mekkah

Referensi dan introspeksi.

Alloh SWT mewajibkan haji kepada umat manusia baik laki-laki maupun perempuan , sebagaimana firman Nya

" Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Alloh , yaitu ( bagi ) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke baitulloh " QS Ali Imran : 97.

Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang dilaksanakan atas dasar istitho'ah yakni kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji / umroh ditinjau dari segi jasmani , rohani , ekonomi dan keamanan.

Menunaikan ibadah haji  hakekatnya adalah semata-mata mencari ampunan Alloh atas dosa² kita yang tidak terhitung & tak terbilang dan ridlo Alloh yang memang itu merupakan kebahagiaan hakiki & kenikmatan sejati nan tak terhingga nilainya serta tak terukur kepuasannya.

Sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ;

" Haji mabrur tiada pahala dan imbalan yang pantas dan yang seharusnya diminta oleh hamba Alloh kecuali surga ( kebahagiaan hakiki ) serta kenikmatan abadi "  HR Buchori

Jadi berhaji sesuai ajaran Nabi bukan bertujuan untuk mencari gelar , gengsi , kekayaan , dan kepuasan duniawi.

Apakah Haji Mabrur itu ?

Haji mabrur adalah haji yang maqbul ( haji yang diterima disisi Alloh SWT , yakni haji yang dosa²nya terampuni sehingga bersih seperti bayi  yang baru lahir kemudian masuk surga )

Nabi  Muhammad SAW bersabda ; " Barangsiapa berhaji dan tidak melakukan rofast ( perkataan yang sarat dengan nafsu birahi )  & fasik ( melanggar larangan agama )  maka dia akan pulang dalam keadaan bersih dari dosa²nya seperti bayi yang baru lahir ( Al hadits ).


Berhaji


Kemabruran seseorang yang telah menunaikan ibadah haji menjadi rahasia Alloh SWT , yang dinyatakan di akherat kelak.Sehingga seseorang sepulang berhaji tidak selayaknya untuk berperilaku sombong.

Tanda-tanda Haji Mabrur

Bahwa perilaku si Haji pasca berhaji adalah lebih baik dibandingkan dengan sebelum berhaji.

Sebagaimana sabda Nabi SAW  : " Tanda² haji mabrur yaitu gemar menebarkan salam  ( kedamaian ) ,suka menyantuni  kaum fakir miskin & senantiasa berhati-hati dalam berbicara ".

Semoga bagi yang telah berhaji tulisan ini dapat menjadi bahan evaluasi diri sehingga tetap istiqomah menjaga kemabrurannya dan bagi calon haji dapat dijadikan referensi kedepan.

 Semoga bermanfaat , Aamiin YRA

Dirangkum dari berbagai sumber.

Klaten , 20 - 02 - 2023

By@kiss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar